Bangkit dari Kegagalan dalam Tes CPNS: Kisah Inspiratif yang Menggetarkan

Image
       Ketika membicarakan ujian CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Indonesia, kita tak bisa menghindari kesan tegang dan kompetitif yang melekat padanya. Tes CPNS telah menjadi tolak ukur bagi ribuan calon pegawai negeri untuk meraih impian mereka dalam berkarier di sektor publik. Namun, di balik gemerlapnya persiapan dan harapan, terdapat kisah-kisah tak terhitung tentang kegagalan yang mengecewakan.      Bagi sebagian orang, kegagalan dalam tes CPNS bisa menjadi pukulan telak yang membuat mereka merasa hancur dan putus asa. Namun, bagi yang lain, kegagalan itu adalah titik awal dari perjalanan menuju kesuksesan yang sejati. Mereka bukanlah orang-orang yang menyerah begitu saja, melainkan mereka yang bangkit dengan semangat yang lebih besar.      Salah satu kisah inspiratif yang menggetarkan adalah tentang seorang pemuda bernama Rizki. Rizki, seorang lulusan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, telah mengejar impian menjadi seorang pegawai negeri sejak lama. Namun, ketika hasil

Peredaran Darah Hewan




Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup kecuali tumbuhan. Fungsi darah adalah mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Sistem peredaran darah merupakan suatu sistem organ yang berfungsi untuk memindahkan zat dan nutrisi ke dan dari sel. 

Jenis sistem peredaran darah hewan:

1.      Sistem peredaran darah terbuka

Peredaran darah ke seluruh tubuh yang tidak selalu melewati pembuluh darah, tekanan darah yang dihasilkan dari kontraksi jantung cukup rendah sehingga sari makanan yang terdorong akan mengalir lebih lambat dengan demikian yang tiba ke sel juga akan tebatas jumlahnya.

Contohnya pada udang, hewan lunak (mollusca), dan serangga.

2.      Sistem peredaran darah tertutup

Peredaran darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh-darah, jantung akan memompa darah secara terus menerus. Darah akan mengalir mulai dari jantung menuju ke wilayah pembuluh kapiler dan kembali pada organ jantung. Sistem peredaran darah tertutup lebih stabil sehigga tekanan dalam pembuluh darah hewan juga ikut stabil.

Contohnya pada anjing, beruang, gajah, katak, salamander, buaya, kadal, dan penyu.

Organ peredaran darah hewan memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya. Organ peredaran darah pada hewan dibedakan berdasarkan jenisnya, seperti:

1.      Serangga

Darah serangga disebut hemolimfa. Peredaran darah serangga termasuk system peredaran darah terbuka. Sistem peredaran darah serangga terdiri dari pembuluh beruas-ruas seperti gelembung yang berfungsi sebagai jantung sehingga disebut jantung pembuluh. 

2.      Ikan 

Ikan memiliki sistem peredaran darah tertutup. Peredaran darah ikan disebut peredaran darah tunggal karena dalam satu kali peredaran, darah hanya melalui jantung satu kali. Jantung ikan terbagi menjadi dua ruang, yaitu satu serambi dan satu bilik. Antara serambi dan bilik terdapat katup yang berfungsi mengalirkan darah.

3.      Amfibi

Kodok memiliki iystem peredaran darah tertutup. Peredaran darah kodok disebut peredaran darah ganda. Karena dalam 1 kali peredaran, darah melalui jantung dua kali. Jantung kodok terbagi menjadi tiga ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri dan satu bilik.

4.      Reptilia

Reptilia memiliki sistem peredaran darah tertutup dan ganda. Jantung reptilian terbagi terbagi menjadi empat ruangan yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri. Antara bilik kanan dan bilik kiri dibatasi sekat yang belum sempurna sehingga terjadi pencampuran darah.

5.      Aves

Pada peredaran darah burung, memiliki sistem peredaran darah ganda seperti pada manusia. Jantung burung terbagi terbagi menjadi empat ruangan yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri.

6.      Mamalia

Mamalia memiliki sistem peredaran darah tertutup dan ganda. Jantung mamalia terbagi menjadi empat ruang, yaitu terdiri atas dua serambi dan dua bilik dengan sekat sempurna.

Fungsi organ peredaran darah hewan hampir sama pada manusia, diantaranya:

·       Jantung berfungsi untuk memompa darah agar darah beredar ke seluruh tubuh.

·       Serambi kanan berfungsi untuk menerima darah kotor yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh

·       Serambi kiri berfungsi untuk menerima darah bersih yang kaya akan oksigen dari paru-paru

·       Bilik kanan berfungsi untuk memompa darah kotor yang kaya akan karbon dioksida ke paru-paru

·       Bilik kiri berfungsi untuk memompa darah bersih yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh.

·       Arteri berfungsi untuk membawa darah bersih yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh.

·      Arteri pulmonalis berfungsi untuk mambawa darah kotor yang kaya akan karbon dioksida ke paru paru

·    Vena berfungsi untuk membawa darah kotor yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh untuk kembali ke jantung

·       Vena pulmonalis berfungsi untuk membawa darah bersih dari paru paru ke jantung

·      Pembuluh kapiler berfungsi menjadi penghubung antara cabang pembuluh nadi dan pembuluh balik yang terkecil ke sel-sel tubuh

Agar kalian lebih memahami materi peredaran darah pada hewan, yuk simak materi lengkap, beserta game dan latihan soal dengan klik link berikut. Selamat berlatih😃😃

Game dan Soal Organ Peredaran Darah Hewan

Berikut adalah langkah pembuatan aplikasi dari game dan soal organ peredaran darah hewan di atas:



Login gmail, kemudian pilih google drive, pilih google sites



Buat nama website, logo dan judul dari materi pada tampilan berikut



Tambahkan halaman sesuai konten yang akan dimasukkan dalam google sites, beri nama pada setiap halaman dengan label sesuai yang akan dimunculkan



Masukkan materi pada halaman materi



Masukkan permainan yang telah dibuat sebelumnya pada aplikasi wordwall



Masukkan link soal evaluasi yang telah dibuat pada google form



Masukkan link unggah karya yang telah dibuat pada google form



Masukkan keterangan pengguna dari kelas berapa yang dapat menggunakan media pembelajaran interaktif ini.



Masukkan keterangan penyusun dan pengembang dari media pembelajaran interaktif.



Memasukkan link feedback sebagai masukan dari pengembangan media pembelajaran interaktif ini.



Publikasikan google sites yang telah dibuat agar dapat digunakan oleh peserta didik

  DOWNLOAD

Comments

Popular posts from this blog

Judul: Langkah-Langkah Kita

Cerpen Malas Belajar