Bangkit dari Kegagalan dalam Tes CPNS: Kisah Inspiratif yang Menggetarkan

Image
       Ketika membicarakan ujian CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Indonesia, kita tak bisa menghindari kesan tegang dan kompetitif yang melekat padanya. Tes CPNS telah menjadi tolak ukur bagi ribuan calon pegawai negeri untuk meraih impian mereka dalam berkarier di sektor publik. Namun, di balik gemerlapnya persiapan dan harapan, terdapat kisah-kisah tak terhitung tentang kegagalan yang mengecewakan.      Bagi sebagian orang, kegagalan dalam tes CPNS bisa menjadi pukulan telak yang membuat mereka merasa hancur dan putus asa. Namun, bagi yang lain, kegagalan itu adalah titik awal dari perjalanan menuju kesuksesan yang sejati. Mereka bukanlah orang-orang yang menyerah begitu saja, melainkan mereka yang bangkit dengan semangat yang lebih besar.      Salah satu kisah inspiratif yang menggetarkan adalah tentang seorang pemuda bernama Rizki. Rizki, seorang lulusan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, telah mengejar impian menjadi seorang pegawai negeri sejak lama. Namun, ketika hasil

Ungkapan Meminta Tolong Kelas 1 Tema 3

Ungkapan Meminta Tolong

 

     Haloo adik-adik bagaimana kabarmu? Semoga baik-baik saja yaaa... Ini nih kakak akan sampaikan materi tentang Ungkapan Meminta Tolong dan Lambangnya untuk kelas 1 SD pada Tema 3. Semoga bermanfaat ya adik-adik. Kamu tidak perlu khawatir materinya akan berbeda dengan sekolahmu ya. Karena sudah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku saat ini.

    Adik tolong ambilkan buah apel di kulkas yaaa. Ibu menyuruh adik. Kemudian, adik berjalan mengambilkan apa yang diminta ibu. Nah, adik-adik apakah kalian juga pernah dimintai tolong oleh ibumu? Ibu meminta tolong apa? Sekarang kita belajar bersama materi meminta tolong dulu yuk. Supaya kamu mengetahui cara meminta tolong yang baik dan benar.

    Ungkapan permintaan tolong atau meminta tolong adalah suatu ucapan atau ungkapan yang ditujukan untuk meminta bantuan kepada orang lain dengan bahasa yang sopan. Contoh ungkapan permintaan tolong dengan kalimat sederhana dari orang yang lebih muda kepada seseorang yang lebih tua, yaitu:

  • Pak, bolehkah saya meminjam kuncinya sebentar? 
  • Meli, tolong ambilkan tanah liat yang ada di meja itu. 
  • Udin, bolehkah saya meminta tolong? 
  • Ibu, saya ingin meminta tolong untuk memeriksa data. 
  • Pak, bolehkah saya meminjam sapunya? 
  • Udin, tolong bawakan ember ini ke kelas. 
  • Ibu, bisakah ibu mengambilkan yang tergantung di situ?

    Sebagai manusia, tentunya kita membutuhkan orang lain, ya kan adik-adik. Terkadang kita tidak mampu melakukan sesuatu sendiri, sehingga membutuhkan bantuan dari orang lain. Nah, ketika kita meminta bantuan, kita tidak boleh seenaknya sendiri yaa. Kita harus menjaga sopan santun, agar orang yang kita mintai tolong mau memberikan pertolongan. Saat kita meminta tolong juga harus memperhatikan situasi, jangan sampai malah merepotkan orang di sekitar kita yaa.

    Jika sahabat selalu direpotkan untuk hal-hal sepele yang seharusnya bisa dilakukan sendiri, mungkin sahabat kita akan menjauh perlahan-lahan. Kapan saat yang tepat untuk meminta tolong?

  1. Minta tolonglah untuk hal-hal genting/darurat, seperti: Mintalah tolong ketika kamu tidak bisa mengambil buku di atas almari padahal kamu sangat membutuhkan buku tersebut untuk mengerjakan PR.
  2. Jangan meminjam alat-alat yang sering dipakai kalau alat-alat tersebut rutin dipakai paling tidak 1 minggu sekali maka lebih baik beli, apalagi bila harganya murah.  Contohnya, bawalah bolpoint ke sekolah jangan pinjam ke temanmu secara terus menerus.
  3. Jangan sering meminta tolong untuk hal-hal yang sepele. Contohnya, mengambilkan penghapus yang jatuh, padahal kamu bisa mengambilnya sendiri. Kecuali jika temanmu menawarkan bantuan dengan sendirinya.
  4. Minta tolong-lah kepada orang yang terdekat. Mintalah bantuan saudara terdekat atau tetangga/sahabat yang telah akrab. Karakter orang itu berbeda-beda, ada orang yang punya sifat empati meski ke orang yang baru dikenal, ada juga orang yang harus akrab dulu baru menolong. Jadi, perhatikan ya adik-adik. Jangan asal meminta tolong kepada orang lain. Terkadang seseorang merasa tidak nyaman ketika kita meminta bantuan karena belum terlalu akrab malah kita mintai tolong.
  5. Jangan meminta tolong dengan memaksa yaa. Itu ngga baik loh adik-adik. Bisa jadi ketika kamu meminta tolong dengan memaksa, itu membuat mereka kapok memberikan pertolongan kepada kamu. Atau bisa jadi ketika kamu memaksanya, dalam keadaan sedang ada keperluan lainnya.

    Meminta tolong, berarti kita membutuhkan sebuah bantuan. Itulah kenapa kita harus menggunakan kalimat yang sopan saat meminta tolong, kepada siapapun tak terkecuali orang-orang yang sudah begitu dekat dengan kita. Jangan sampai lupa kata sakral, yaitu tolong. Karena meminta bantuan tanpa kata tolong rasanya seperti kurang pas. Kalaupun tidak menyertakannya, pakailah kata atau kalimat yang bermakna sama. Seperti, "Bisakah kamu membukakan pintu?" Itu akan terdengar lebih baik dan sopan seperti, "Tolong buka pintunya." Ketimbang kamu mengucapkan, "Bukain pintunya." Orang yang kamu mintai tolong pun juga akan terlihat senang, jika mau meminta dengan kalimat yang sopan. Ia merasa lebih dihargai.

    Pernahkah kamu mengalami, saat kamu ingin memberi sesuatu kepada orang yang telah menolongmu tapi dia menolak? Dan tersenyum lebar saat kamu mengucapkan terima kasih?. Ada orang kadang menganggap kata terima kasih itu sebagai hal yang besar. Seseorang mengucapkan terima kasih setelah ia bantu, bisa membuat orang tersebut merasa senang. Karena mereka menerima timbal balik atas apa yang mereka lakukan, meski timbal balik yang ia peroleh bukan suatu barang kasat mata. Itulah sebabnya setelah kamu menerima bantuan, jangan lupa mengucapkan terima kasih. Hal itu sangat sederhana, tapi mengandung arti yang begitu besar.

    5 kesalahan dalam meminta tolong:
  • Meminta tolong tanpa menambahkan kata tolong 
  • Meminta tolong dengan nada memerintah 
  • Sikap saat meminta tolong (saat kamu meminta tolong dengan menampilkan kesan sombong, tentunya orang lain akan mempertimbangkan meminta tolong atau tidak, bisa jadi, ketika kamu bersikap demikian, tidak ada orang yang menolongmu) 
  • Meminta tolong dengan mengungkit kembali pertolongan yang pernah diberikan 
  • Bersikap marah ketika saat orang lain menolak untuk memberikan pertolongan

    Janganlah kehadiranmu membuat orang merasa was-was karena takut direporti dan diganggu. Orang baik justru kehadirannya selalu dirindukan dan dinantikan karena mampu memberi sesuatu yang berarti, mulai dari cerita lucu yang ringan sampai bantuan pikiran/tenaga.

    Namun, kita harus selalu memperhatikan. Ketika sesuatu masih bisa kita lakukan sendiri, yuk coba untuk melakukannya sendiri. Selain menghindari tindakan yang merepotkan orang lain, juga sebagai cara untuk belajar mandiri loh adik-adik. Jadi, belajarlah melakukan apapun sendiri dulu, jika sudah tidak bisa barulah meminta pertolongan orang lain. Oke sekian belajar kita hari ini yaaa. Sampai jumpa di episode selanjutnya.

 

Comments

Popular posts from this blog

Judul: Langkah-Langkah Kita

Cerpen Malas Belajar

Kerajinan Tangan Bahan Alami dan Buatan Kelas 2 Tema 5