Bangkit dari Kegagalan dalam Tes CPNS: Kisah Inspiratif yang Menggetarkan

Image
       Ketika membicarakan ujian CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Indonesia, kita tak bisa menghindari kesan tegang dan kompetitif yang melekat padanya. Tes CPNS telah menjadi tolak ukur bagi ribuan calon pegawai negeri untuk meraih impian mereka dalam berkarier di sektor publik. Namun, di balik gemerlapnya persiapan dan harapan, terdapat kisah-kisah tak terhitung tentang kegagalan yang mengecewakan.      Bagi sebagian orang, kegagalan dalam tes CPNS bisa menjadi pukulan telak yang membuat mereka merasa hancur dan putus asa. Namun, bagi yang lain, kegagalan itu adalah titik awal dari perjalanan menuju kesuksesan yang sejati. Mereka bukanlah orang-orang yang menyerah begitu saja, melainkan mereka yang bangkit dengan semangat yang lebih besar.      Salah satu kisah inspiratif yang menggetarkan adalah tentang seorang pemuda bernama Rizki. Rizki, seorang lulusan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, telah mengejar impian menjadi seorang pegawai negeri sejak lama. Namun, ketika hasil

Sila Kesatu Pancasila Kelas 1 Tema 4

  Sila Kesatu Pancasila

    Haloo adik-adik bagaimana kabarmu? Semoga baik-baik saja yaaa... Ini nih kakak akan sampaikan materi tentang Sila Kesatu Pancasila untuk kelas 1 SD pada Tema 4. Semoga bermanfaat ya adik-adik. Kamu tidak perlu khawatir materinya akan berbeda dengan sekolahmu ya. Karena sudah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku saat ini.

    Adik-adik biasanya setelah bangun tidur, apa sih yang kamu lakukan? Ya, yang pasti kamu wajib membiasakan diri dengan merapikan tempat tidur, mencuci muka atau mandi, tidak lupa juga untuk menggosok gigi. Selain itu, kamu juga beribadah bukan? Ya, bagi kamu yang beragama Islam, di pagi hari kamu wajib untuk melaksanakan sholat subuh. Nah, tahukah kamu jika melaksanakan sholat adalah salah satu perilaku yang mencerminkan pelaksanaan sila pertama Pancasila?

    Untuk kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai sila pertama Pancasila yaitu apa adik-adik? Yaaa, benar sekali Ketuhanan Yang Maha Esa.

    Negara kita memiliki dasar negara. Dasar negara kita disebut Pancasila. Pancasila terdiri dari lima sila. Sila pertama berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Bersyukur atas karunia Tuhan adalah cerminan sila pertama. Sebelumnya, masih ingatkah kamu kelima sila dalam Pancasila beserta lambangnya? Ayooo coba sebutkan bagaimana bunyi sila Pancasila dan apa lambangnya? Ya, tepat sekali sila pertama berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa dengan lambang bintang, kedua kemanusiaan yang adil dan beradab dengan lambang rantai berwarna emas. Dan seterusnya hingga sila kelima.

    Bersyukur memiliki keluarga bahagia adalah cerminan sila pertama Pancasila. Ayo kita ucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita bersyukur atas karunia Tuhan. Satu contoh karunia Tuhan adalah kesehatan. Udin sedang beribadah dengan keluarganya. Senang sekali bisa beribadah dengan keluarga. Apakah kamu pernah beribadah bersama keluargamu?

    Ketuhanan Yang Maha Esa dalam sila pertama berarti kita sebagai warga negara Indonesia harus mengakui adanya Tuhan yang menciptakan semesta beserta isinya. Di indonesia, masyarakatnya harus punya satu kepercayaan terhadap tuhan dan masing-masing agama yang dianut.

    Adik-adik tahukah kamu apa saja agama yang diakui di indonesia? Ya, tepat sekali, salah satu agama yang dianut di indonesia adalah agama islam. Tapi ternyata ngga Cuma agama islam lohhh.. di indonesia terdapat 6 agama yang diakui oleh negara, diantaranya ada agama Islam, Kristen Katholik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Sebagai umat yang baik, tentunya kita harus melakukan kewajiban kita yaitu dengan menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang kita anut. Misalnya dengan pergi ke Masjid, Gereja, Klentheng, Pura maupun Vihara. Untuk melaksanakan ibadah wajib dari masing-masing agama yang dianut oleh setiap masyarakat. Selain menjalankan ibadah kita juga harus menjauhi larangan dari setiap agama yang dianut. Di dalam sila pertama Pancasila juga mencakup nilai-nilai agama yang mengatur hubungan antara negara dan agama. Nilai-nilai yang ada dalam Pancasila sendiri juga tidak boleh bertentangan dengan ajaran masing-masing agama.

Lalu bagaimana ya cara menerapkan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari hari?

Beberapa penerapan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari diantaraya:

  • Memercayai adanya tuhan
  • Memeluk suatu agama tertentu
  • Menjalankan ibadah sesuai perintah agama
  • Toleransi

    Kita sebagai masyarakat yang baik harus memiliki toleransi yang tinggi dengan warga atau teman yang berbeda agama dengan kita. Kita tidak boleh saling mengolok-olok atau mengunggulkan agama yang kita anut. Karena setiap agama mempunyai kelebihannya masing-masing sesuai kepercayaan sang penganut. Ingat ya adik-adik setiap agama mempunyai aturannya masing masing. Jika mereka melakukan suatu kegiatan yang berbeda dengan kebiasaan agama kalian, hargailah, karena Indonesia dipenuhi dengan adanya beragam perbedaan. Dan hal inilah yang membuat indonesia kaya akan budaya.

    Nah, bagaimana adik-adik sekarang sudah semakin paham ya mengenai sila pertama Pancasila?


Comments

Popular posts from this blog

Judul: Langkah-Langkah Kita

Cerpen Malas Belajar

Kerajinan Tangan Bahan Alami dan Buatan Kelas 2 Tema 5