Bangkit dari Kegagalan dalam Tes CPNS: Kisah Inspiratif yang Menggetarkan

Image
       Ketika membicarakan ujian CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Indonesia, kita tak bisa menghindari kesan tegang dan kompetitif yang melekat padanya. Tes CPNS telah menjadi tolak ukur bagi ribuan calon pegawai negeri untuk meraih impian mereka dalam berkarier di sektor publik. Namun, di balik gemerlapnya persiapan dan harapan, terdapat kisah-kisah tak terhitung tentang kegagalan yang mengecewakan.      Bagi sebagian orang, kegagalan dalam tes CPNS bisa menjadi pukulan telak yang membuat mereka merasa hancur dan putus asa. Namun, bagi yang lain, kegagalan itu adalah titik awal dari perjalanan menuju kesuksesan yang sejati. Mereka bukanlah orang-orang yang menyerah begitu saja, melainkan mereka yang bangkit dengan semangat yang lebih besar.      Salah satu kisah inspiratif yang menggetarkan adalah tentang seorang pemuda bernama Rizki. Rizki, seorang lulusan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, telah mengejar impian menjadi seorang pegawai negeri sejak lama. Namun, ketika hasil

Keluarga Besarku Kelas 1 Tema 4

Keluarga Besarku

    Haloo adik-adik bagaimana kabarmu? Semoga baik-baik saja yaaa... Ini nih kakak akan sampaikan materi tentang Keluarga Besarku untuk kelas 1 SD pada Tema 4. Semoga bermanfaat ya adik-adik. Kamu tidak perlu khawatir materinya akan berbeda dengan sekolahmu ya. Karena sudah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku saat ini.

    Adik-adik biasanya, kamu tinggal di rumah dengan siapa saja? Ya, ada ayah, ibu, kakak dan adik. Nah, kumpulan dari orang-orang yang sudah kamu sebutkan tadi adalah bagian dari keluarga. Ayo, sekarang saatnya kita belajar bersama tentang materi keluarga besarku.

    Aku memiliki keluarga bahagia. Ada ayah, ibu, dan kakak. Kami memiliki kesukaan yang berbeda. Kami memiliki kegiatan yang berbeda. Kami saling menyayangi. Aku bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya kepada kami.

    Sebenarnya apa sih keluarga itu?

    Keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat. Keluarga merupakan tempat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang dewasa. Sebelumnya, kamu perlu tahu ya adik-adik, keluarga itu ada dua macam, yang pertama ada keluarga inti dan yang kedua ada keluarga besar. Sebenarnya apa sih perbedaan antara keduanya? Apakah kamu sudah mengetahuinya adik-adik? Kalua sudah, ayo coba kamu jelaskan. Bagi yang belum, yuk perhatikan penjelasan kakak yaa…

    Di dalam keluarga, kita akan memperoleh kasih sayang dari anggota keluarga. Di dalam keluarga inti biasanya terdiri dari ayah, ibu, kakak dan adik. Hanya beberapa orang saja yang biasanya tinggal satu rumah, atau dengan kata lain terdiri dari ayah dan ibu bersama anak-anaknya. Sedangkan Di dalam keluarga besar, memiliki jumlah anggota yang lebih banyak, ada kakek, nenek, ayah, ibu, adik atau kakak, paman, bibi, dan saudara sepupu.

    Apakah kamu pernah melakukan foto bersama keluargamu? Nah, jika kamu pernah melakukannya coba sebutkan siapa nama-nama mereka berdasarkan foto yang kamu miliki. Sebutkan bersama orang tuamu yaaa, agar kamu semakin akrab dengan orang tuamu, atau dengan kakakmu juga boleh kok.

Sebenarnya siapa sih kakek, nenek, paman, bibi, dan sepupu itu?

  • Kakek adalah ayah dari ayah atau ibu kita
  • Nenek adalah ibu dari ayah atau ibu kita.
  • Paman adalah saudara laki-laki ayah atau ibu kita.
  • Bibi adalah saudara perempuan ayah atau ibu kita.
  • Sepupu adalah anak paman atau bibi.

    Nah, dari sini kamu bisa loh menyusun silsilah keluargamu. Tapi apa sih silsilah keluarga itu adik-adik? Silsilah adalah suatu bagan atau gambar yang menampilkan hubungan keluarga dalam bentuk seperti atau menyerupai pohon. Biasanya dalam bagan silsilah keluarga, bagian atas diisi dengan generasi yang lebih tua, mulai dari kakek dan nenek. Dan generasi yang lebih muda, anak dari kakek nenek berada di bawahnya, dan setelah itu baru nama kalian akan tercantum di sana atau dengan kata lain, generasi paling muda berada di barisan paling bawah. Dengan adanya silsilah keluarga, kamu akan mengetahui asal usul dan hubungan keluarga dari beberapa generasi. Mulai dari yang tua hingga yang muda. Silsilah keluarga perlu kamu ketahui sejak dini loh adik-adik. Apa tujuannya? Agar kamu tahu tradisi atau kebiasaan-kebiasaan yang terjadi dalam keluargamu dan kamu mengetahui siapa saja saudara-saudara dekatmu.

    Nah, sekarang coba tanyakan kepada orang tuamu, seperti apaq silsilah keluargamu, mulai dari kakek hingga kamu sendiri. Mintalah gambar silsilah keluarga yang lengkap yaa… agar kamu juga mendapatkan informasi/pengetahuan dengan lengkap.

    Di dalam keluarga besar kita memperoleh kasih sayang yang tak terbatas. Ada kakek dan nenek yang yang selalu menasehati supaya kita menjadi anak yang baik, ada ayah dan ibu yang selalu menyayangi dan selalu ada buat kita, ada paman dan bibi yang juga memperdulikan kita, serta saudara sepupu yang selalu membuat kita nyaman.

    Apakah keluargamu suka berkumpul bersama? Lalu, kegiatan apa yang biasanya kamu lakukan bersama anggota keluargamu?

Comments

Popular posts from this blog

Judul: Langkah-Langkah Kita

Cerpen Malas Belajar

Kerajinan Tangan Bahan Alami dan Buatan Kelas 2 Tema 5