Bangkit dari Kegagalan dalam Tes CPNS: Kisah Inspiratif yang Menggetarkan

Image
       Ketika membicarakan ujian CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Indonesia, kita tak bisa menghindari kesan tegang dan kompetitif yang melekat padanya. Tes CPNS telah menjadi tolak ukur bagi ribuan calon pegawai negeri untuk meraih impian mereka dalam berkarier di sektor publik. Namun, di balik gemerlapnya persiapan dan harapan, terdapat kisah-kisah tak terhitung tentang kegagalan yang mengecewakan.      Bagi sebagian orang, kegagalan dalam tes CPNS bisa menjadi pukulan telak yang membuat mereka merasa hancur dan putus asa. Namun, bagi yang lain, kegagalan itu adalah titik awal dari perjalanan menuju kesuksesan yang sejati. Mereka bukanlah orang-orang yang menyerah begitu saja, melainkan mereka yang bangkit dengan semangat yang lebih besar.      Salah satu kisah inspiratif yang menggetarkan adalah tentang seorang pemuda bernama Rizki. Rizki, seorang lulusan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, telah mengejar impian menjadi seorang pegawai negeri sejak lama. Namun, ketika hasil

Kegiatan Malam Hari Kelas 1 Tema 3

Kegiatan Malam Hari

     Haloo adik-adik bagaimana kabarmu? Semoga baik-baik saja yaaa... Ini nih kakak akan sampaikan materi tentang Kegiatan Malam Hari untuk kelas 1 SD pada Tema 3. Semoga bermanfaat ya adik-adik. Kamu tidak perlu khawatir materinya akan berbeda dengan sekolahmu ya. Karena sudah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku saat ini.

    Setelah kita mempelajari kegiatan pagi, siang, dan sore hari. Selanjutnya, apa sih yang biasanya kamu lakukan? Setelah matahari terbenam, dinamakan apa adik-adik? Yap, waktu setelah matahari terbenam dinamakan malam hari. Yuk, sekarang kita belajar bersama kegiatan malam hari yang bisa dan biasa kita lakukan. Apa aja yaaa?

    Mulai dari setelah mandi nih, ada yang berangkat ke masjid bagi umat Islam untuk melakukan ibadah sholat maghrib dan dilanjutkan dengan mengaji hingga waktu sholat berikutnya datang. Selain itu, apalagi yaaa kegiatan yang lain? Yap, setelah itu kamu pasti lapar kan? Setelah melakukan kegiatan sore hari, dan sebelum melanjutkan belajar di malam hari, kamu perlu makan malam untuk mengisi energi. Makan malam adalah waktu yang tepat untuk makan bersama keluarga. Karena semua anggota keluarga sedang berkumpul sebelum mengistirahatkan tubuh setelah bekerja, sekolah dan bermain. Jangan lupa, setelah makan malam mencuci piring mu yaa. Biasakan sejak dini agar ketika sudah besar nanti terbiasa. Ini juga merupakan cara belajar menjadi anak yang mandiri loh adik-adik. Kenapa? Karena kita tidak tergantung dengan orang lain. Belajar aja dulu, nanti kalau ada kemah atau menginap di tempat saudara, kamu sudah terbiasa kan melakukan segala sesuatunya sendiri.

    Lalu, selepas makan, apa yang biasa kamu lakukan? Kamu bisa memulai untuk belajar ya adik-adik. Bisa mengulang pelajaran tadi pagi, mengerjakan PR, ataupun membaca materi yang akan dipelajari esok hari di sekolah. Buat apa sih kita disarankan untuk membaca materi untuk besok? Tentunya biar kamu lebih paham ketika belajar bersama di sekolah nanti. Biar waktu ditanya oleh guru, kamu sudah bisa menjawab pertanyaannya dengan jawaban yang tepat.

    Setelah belajar, jangan lupa siapkan buku dan alat tulismu. Masukkan sekalian ke tas sekolahmu agar keesokan harinya tidak ada barang yang tertinggal. Dan tidak terburu-buru untuk berangkat sekolah. Akan lebih baik lagi, kamu juga menyiapkan seragam yang harus kamu pakai besok hari. Pastikan sudah tersetrika dengan baik, agar kamu terlihat rapi di sekolah. Sehingga, tidak akan dijauhi temanmu. Karena temanmu pasti suka jika punya teman yang berpakaian rapi dan bersih.

    Kalau malam hari, boleh ngga sih aku nonton TV? Ya boleh dong adik-adik, yang penting tugas belajarmu sudah terlaksana dan PR mu sudah selesai semua. Kamu boleh kok setelah belajar lanjut nonton TV bersama keluarga. Tapi, usahakan nonton TV yang sesuai umur kamu yaaa. Jangan nonton TV yang acaranya untuk orang dewasa. Ajak orang tua kamu melihat acara yang sesuai dengan umurmu, ada kok keterangannya di pojok kanan bawah, apakah acara itu boleh di tonton untuk semua umur atau mulai dari remaja aja, jadi, buat kamu yang belum usia rremaja belum boleh nonton acara itu yaaa...

    Sambil nonton TV, bercengkerama atau bermain bersama adik atau kakak, juga asyik loh. Selalu jaga kerukunan dengan saudaramu yaa, jangan berebut mainan apalagi sampai bertengkar. Nanti malah kamu bermusuhan dalam satu rumah kan ngga enak tuh. Berbagi bersama saudara itu menyenangkan loh, terutama berbagi kasih sayang orang tua.

    Kalau kamu sudah nonton TV, jangan sampai lupa waktu yaa. Buatlah jadwal jam tidur malammu. Pasti kedua orang tuamu akan marah ketika kamu tidur terlalu malam hanya karenan melihat tayangan televisi. Benar tidak adik-adik? Apakah kamu pernah mengalaminya? Nah, sebelum kamu tidur, jangan lupa gosok gigi dan cuci tangan kakimu. Agar kamu tidur dengan nyaman. Eitsss jangan lupa juga, berdoa yaaa. Biar kamu tidur nyenyak dan tidak mimpi buruk.

    Membaca buku sebelum tidur itu juga baik loh adik-adik. Buat bekal nih sebelum tidur. Sebagai asupan otak, apalagi ketika kamu membaca sesuatu yang memberikan motivasi.

Comments

Popular posts from this blog

Judul: Langkah-Langkah Kita

Cerpen Malas Belajar

Kerajinan Tangan Bahan Alami dan Buatan Kelas 2 Tema 5